Senin, 29 September 2008

Lebaran dalam makna tradisi

Lebaran atau hari raya Idul Fitri 1429 H tinggal beberapa hari lagi. Hari raya yang ini diperingati umat islam di seluruh dunia dengan tradisi masing-masing. Berikut adalah tradisi yang sudah jamak kita temukan. Berikut adalah kata-kata unik yang berkaitan dengan tradisi lebaran : 1. LEBARAN. Merupakan tradisi saling maaf memaafkan antar sesama umat islam. Baik tua maupun muda, laki-laki maupun perempuan. 2.
LABURAN. Berbagai upaya dipersiapkan untuk menyambut datangnya hari kemenangan. Adat orang jawa biasanya melabur bilik rumahnya agar kelihatan putih bersih. Mengecat rumahnya biar kelihatan menarik dan mereka juga biasa menghias diri mereka dengan baju yang baru.
3. LEBURAN. lebaran sebagai media peleburan dosa.
baik dosa yang berhubungan dengan tuhan atau Hablun Minalloh, maupun dosa antar sesama manusia atau Hablun Minannas. 4. LUBERAN. Ketika lebaran tiba banyak orang yang mendapat luberan rizki. hidangan ditemukan hampir di setiap rumah. Parcel lebaran pun bisa kita dapatkan lebih dari satu. Bayaran kerja yang biasa-biasa saja pun bertambah dengan adanya THR. Berbagai macam bisnis pun terkadang mendapat luberan pelanggan dan pendapatan.
5.
LIBURAN. Liburan hari raya yang paling panjang adalah lebaran. Banyak orang memanfaatkanya untuk mudik bertemu sanak keluarga di kampung, atau ada juga yang memanfaatkanya untuk liburan ke tempat-tempat wisata sebagaimana kita tahu tempat-tempat wisata akan dipenuhi pengunjung di waktu lebaran. Itulah tradisi yang biasa kita temukan ketika lebaran tiba. Tidak mau meninggalkan tradisi juga, maka saya mengucapkan Minal Aidin Wal Faizin. Mohon Maaf Lahir Batin.
Semoga kita bisa memetik arti lebaran bukan hanya sekedar ritual atau tradisi seperti yang telah disebutkan saja. Semoga kita tergolong orang-orang yang fitrah dan terima amal ibadah kita. Semoga kepribadian kita, kerohanian kita semakin mantap setelah dibakar, ditempa dan dilatih selam satu bulan penuh berpuasa.